Indahnya Kuil parthenon di acropolis

Parthenon adalah kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.

Obyek wisata paling terkenal di Athena adalah bukit Acropolis, yang seakan mendominasi langit Kota Athena. Kompleks ini, yang nyaris tidak pernah berhenti direstorasi, terus menerus menarik kaki-kaki turis mancanegara mendakinya sepanjang pagi hingga malam hari. Tiket masuk ke situs Acropolis sebesar € 12 (berarti kira2 120.000..duit dr mn put?), relatif tidak berarti dibandingkan apa yang kita bisa lihat sesampainya di atas bukit Acropolis. Di samping kuil-kuil yang sangat bersejarah, kita juga disuguhkan pemandangan ke arah kota Athena yang sangat mengesankan.

Acropolis, yang berarti bagian tertinggi dari kota, lebih mirip sebuah benteng di atas bukit. Dibangun pada masa kepemimpinan kaisar Pericles (495-429 SM) yang merupakan zaman keemasan Yunani di Athena, komplek ini terdiri dari kuil-kuil yang membentuk sebuah panorama kota, antara lain Erichteion, Parthenon, Nike dan Propylaea. Dari semua kuil yang ada, Parthenon adalah yang terbesar dan terindah. Kuil ini merupakan persembahan kepada Dewi Athena, dewi perawan dan pelindung kota. Konon beberapa blok marmer dari kuil Parthenon masih ada di British Museum, London.

Kuil Parthenon, yang merupakan pusat dari Acropolis, terlihat sangat menonjol dibandingkan bangunan lainnya di situ. Dibangun antara 447-432 SM, kuil ini disebut-sebut sebagai puncak kesempurnaan dari karya kuil Doric yang pernah dibangun. Nama ‘doric’ di sini menunjukan suatu ‘orde’ dari ornamen kolom (pilar) yang pernah berkembang di Yunani. Menurut beberapa sumber, orde doric berasal dari zaman Yunani Kuno, yang mengambil nama dari dua kelompok suku bangsa Yunani, yaitu Doria. Orde lainnya yang juga terkenal disebut ‘Ionic’ dan ‘Corinthia’.

Itu adalah sekilas mengenai negeri Yunani, yang saya sudah googling2 sejak beberapa bulan sebelum berangkat. Yunani ini adalah negara luar negeri pertama yang saya datangi sekaligus tempat yang ingin saya lihat sejak saya kecil. Tau ga’ kenapa? karena saya suka banget sama saint saiya, yaitu anime / manga yang dikemas dalam bentuk mitologi yunani ^^ Dari film saint saiya itulah saya penasaran banget sama negara Yunani.

Pada saat saya ke yunani, saat itu musim panas jadi cuacanya lumayan juga sih panasnya.. hahaha, tapi ga’ menghalau saya untuk jalan-jalan khususnya ke kuil parthenon.  Ternyata betul-betul istimewahhh, keren bangetttt. Kuilnya sangat tinggi menjulang, batuan marmernya super halusss. Bahkan batu-batuan di sekelilingnya juga haluss. Menurut saya, Arsitekturnya punya cita rasa seni yang tinggi, atau saat itu sedang jatuh cinta, hahaha (lebay).

Tapi jalan-jalan disini kudu hati-hati juga yaa.. Jujur aja aura magisnya berasa bangett. Maklum tempat ini kan umurnya  sudah 2000an. Wooww. Bukannya nakutin, tapi teman saya dari bali 4 Orang terpaksa harus di obati orang yunani disana karena “kena tiupan hantu yunani” (itu bahasa halus saya yah, hehe).  Tapi cerita punya cerita, kayanya sih karena ada hubungannya dengan kegiatan mereka di bali sebelum berangkat ke yunani, saya kurang paham juga sih.. tapi kan sama2 ada dewa-dewi nya gitu kayanya.. Tapi jangan terlalu dipercaya juga yah,.. cukup hari-hati aja..

Demikian ceritanyaa, jadi.. kudu mampir ke negara ini kalau mau lihat arsitektur dan bangunan terlama di dunia yang spektakuler. Terima kasih sudah mampir yaa

 

 

 

 

 

 

Leave a comment